Tahun Baruan Lagi

2/08/2016

Tahun Baruan Lagi



Fadilfadilan Happy Chinese New Year!


Whatsup guys?! Lagi jalan-jalan ya? Cie. Oke diartikel ini gue akan ngebahas tentang Tahun Baru Cina! Cina sekarang lagi tahun baruan, telat sebulan ya tahun barunya.

Tahun baru Cina atau dengan nama lain yaitu Imlek. Kalo lagi Imlek pasti gak lepas dengan yang namanya angpau, lampion, dan shio.

Dalam kebudayaan masyarakat China dan Asia, angpau adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya.

(poachedmag)

Angpao itu kayak THR atau tunjangan hari raya. Istilah THR biasanya dipake buat orang-orang muslim di hari raya. Isinya sama-sama uang. Biasanya uang ini untuk beli baju baru, gadget baru, ataupun untuk ditabung.

Gue berharap gue ada keturunan Cina tapi tetap beragama Muslim. Jadi dalam setahun gue bisa dapet uang yang banyak. Gue langsung kaya raya pasti. Jangan-jangan Bill Gates orang terkaya sedunia adalah orang China yang beragama Muslim juga ya.

(kampoenglampion)

Lampion adalah sejenis lampu yang biasanya terbuat dari kertas dengan lilin di dalamnya. Lampion ini bentuknya macam-macam loh. Ada yang bulat, persegi, berbentuk hati, oval, dan sebagainya. Dan dengan harga yang bermacam-macam.

Lampion adalah sebuah lampu yang beralih fungsi menjadi hiasan namun tidak menghilangkan fungsi utamanya yaitu untuk menerangi ruangan.

(arayitnum)

Selain angpau dan lampion, shio juga identik dengan Imlek. Shio adalah zodiak Tionghoa yang memakai hewan-hewan untuk melambangkan tahun, bulan, dan waktu dalam astrologi Tionghoa.

Ada 12 hewan yang dijadikan sebagai lambang, yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Oh iya, gue juga bingung. Kenapa shio itu dilambangkan dengan hewan? Kenapa gak tumbuhan atau apa gitu? Dan kenapa imlek harus identik dengan warna merah? Kenapa gak ungu, pink, kuning, atau biru gitu? Bagi yang tau tolong comment di bawah sini ya.

Segitu aja artikel kali ini. Thank you udah mau luangin waktunya. Jangan lupa baca juga artikel gue yang lain di sebelah kanan lo ini.

Gong xi fa cai!

Don't forget to comment, bookmark, and share it!

Superhero.

0 ulasan :

Post a Comment